4 Tips Melakukan Perawatan Gigi Berlubang pada Anak

Perawatan Gigi Berlubang sangat penting dilakukan, terutama pada anak-anak. Orang tua juga tentunya ingin anak mereka menikmati gigi yang sehat dan kuat. Tapi untuk anak-anak sendiri memang lebih rentan mengalami gigi berlubang.

Gigi

4 Cara Melakukan Perawatan Gigi Berlubang Khusus Anak

Apalagi karena enamel pada gigi susu anak lebih lemah dibandingkan orang dewasa pada agen poker online. Selain itu kesadaran anak menjaga kesehatan gigi dan mulut juga masih rendah. Jadi risiko anak mengalami gigi berlubang menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu sebagai orang tua Anda perlu melakukan perawatan gigi yang baik untuk anak.

Mengajarkan Rajin Sikat Gigi

Sebagai orang tua, Anda harus mengajarkan anak-anak untuk menyikat gigi sampai 2 kali sehari. Hal ini juga harus diterapkan sejak dini, tanamkan pada anak untuk selalu menyikat gigi pada pagi dan malam hari.

Selain itu, biasanya anak-anak sudah dapat mulai diajarkan menyikat gigi setelah 4 gigi pertamanya tumbuh. Anda juga dapat membantunya menyikat gigi secara perlahan dan biarkan ia belajar sendiri.

Tapi jika gigi anak belum tumbuh, Anda dapat membiasakannya dengan membersihkan gusi secara perlahan. Gunakan kain lembut setelah anak selesai menyusu.

Kenalkan Makanan Sehat

Bakteri pada plak akan memakan gula, makanan bertepung dan minuman ringan. Jadi sebaiknya mencoba untuk memulai memperkenalkan makanan yang sehat pada anak dan kaya nutrisi.

Makanan sehat ini terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan dan kedua makanan ini dapat membantu meminimalisir air liur anak. Mampu mencegah kerusakan gigi yang diakibatkan oleh plak.

Baca Juga : Langkah-langkah Merawat Kesehatan Bayi Prematur

Tapi dalam hal perawatan gigi berlubang ini ada beberapa kendala, karena tidak semua anak suka makan sayuran dengan rasa yang cenderung hambar. Jadi sebagai orang tua, Anda harus dapat berpikir kreatif dengan membuat berbagai menu makanan yang menarik si kecil.

Menjaga Kebersihan Mulut

Karena gigi anak sudah berlubang, biasakan untuk tetap menjaga kebersihan mulut setiap hari. Dalam hal ini banyak orang tua yang menganggap kerusakan gigi susu hanya bersifat sementara. Akan hilang dengan sendirinya jika gigi permanen anak sudah tumbuh.

Karena hal tersebut, kesehatan mulut dan gigi anak menjadi terabaikan. Hal tersebut karena gigi susu yang rusak akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan gigi permanen ke depannya. Jadi sebagai orang tua, Anda perlu mengajarkan anak untuk rajin sikat gigi. Dimulai dari gigi pertama mereka yang tumbuh dan seterusnya.

Pastikan Beberapa Hal

Bagi Anda yang anaknya mengalami gigi berlubang, pastikan melakukan perawatan gigi berlubang dengan memberikan minum banyak air putih setelah makan. Menyikat gigi 2 kali dalam sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur yang dilakukan selama 2 menit.

Biasakan menyikat permukaan setiap gigi dengan sikat gigi yang sesuai dengan mulut mereka. Selain itu penggunaan sikat gigi juga harus diganti 2 sampai 3 bulan sekali atau setelah bulu sikat mengembang. Lakukan juga cek kesehatan gigi dan mulut secara rutin ke dokter. Bisa dengan 6 bulan sekali atau kurang dari itu.

Melakukan Tambalan pada Gigi

Jika ingin memberikan tambalan pada gigi anak, sebaiknya pilih yang menggunakan bahan aman. Karena jenis-jenis tambalan gigi sendiri ada cukup banyak dan bahan yang digunakan sangat beragam. Mulai dari amalgam, komposit resin dan jenis tambalan yang lain. Tapi dalam hal ini pilih perawatan gigi berlubang yang aman, supaya tidak menambah rusak pada gigi.