5 Camilan Praktis dan Tinggi Protein untuk Para Vegetarian

Menerapkan pola hidup sebagai vegetarian bukan berarti membuat hidup Anda tersiksa. Anda mungkin memang akan mungkin mengalami kekurangan protein lengkap karena tidak bisa makan daging, ikan, unggas, atau sumber protein lengkap hewani lainnya. Namun jangan khawatir dulu, Anda tetap bisa memenuhi kebutuhan protein lengkap harian dengan memilih camilan yang tepat.

Makanan Sehat

Apa saja camilan yang tepat?

Beragam pilihan camilan untuk vegetarian berikut ini.

Pilihan camilan untuk vegetarian yang tinggi protein

Pada dasarnya, diet vegetarian dapat menyediakan semua nutrisi yang Anda butuhkan, asalkan pemilihan makanannya tepat. Bukan Cuma dengan mengatur pola makan saja, hal ini juga berlaku untuk menu camilan Anda setiap hari. Nah, berikut ini berbagai pilihan camilan untuk vegetarian, dengan rasa yang lezat dan praktis dibuat.

  1. Tahu panggang

Meski Anda tidak bisa makan daging, Anda tetap bisa memperoleh protein lewat olahan kedelai. Bahkan, kedelai dianggap sebagai sumber protein nabati yang paling lengkap.

Tahu panggang adalah salah satu olahan kedelai yang sehat dan cocok dijadikan sebagai camilan untuk vegetarian. Pasalnya, setiap 142 gram atau sekitar 2 potong tahu ukuran sedang mengandung 11 gram protein.

Cara membuatnya pun mudah. Rendam irisan tahu dengan saus BBQ rendah garam, lalu panggang sampai kecokelatan.

  1. Roti gandum selai kacang

Jenis makanan yang satu ini juga cock dijadikan sebagai camilan untuk vegetarian. Kacang-kacangan adalah sumber protein pengganti daging yang sangat cocok bagi para vegetarian. Dengan makan sepotong roti gandum dan 2 sendok makan selai kacang, Anda sudah mendapatkan 11 gram protein dalam satu kali ngemil.

Bisa juga ditambahkan beberapa potong pisang atau jenis buah lainnya supaya lebih lezat. Dan yang tak kalah penting, kandungan tinggi serat pada roti gandum selai kacang bisa bikin Anda kenyang lebih lama sampai waktu makan siang tiba.

  1. Kacang panggang

Lebih dari sekedar camilan untuk vegetarian, menu kacang panggang ini juga bisa memenuhi kebutuhan protein harian Anda.

Setiap satu cangkir atau 230 gram kacang panggang mengandung 12 gram protein. Selain itu, kacang juga mengandung vitamin E, magnesium, dan jenis lemak baik yang dapat menyehatkan jantung.

Baca Juga : Ketahui Tips Perawatan Gigi Palsu Agar Tak Jadi Sarang Kuman

Rasanya akan lebih nikmat lagi kalau dikombinasikan dengan buah-buahan. Misalnya makan kacang kenari dengan apel, kacang pecan dan pisang, kacang almond dan buah pir. Bukan Cuma menambah asupan protein dalam tubuh, Anda juga bisa meraup banyak vitamin, mineral, serat, dan lemak sehat hingga berkali-kali lipat.

  1. Yogurt kedelai

Dari sekian banyak jenis yogurt, pilihlah yogurt yang terbuat dari sari kacang kedelai. Setiap satu cangkir atau 230 gram yogurt kedelai mengandung 6 gram protein. Hanya dengan makan satu cangkir yogurt kedelai setiap harinya, camilan untuk vegetarian yang satu ini dapat memenuhi 10 persen kebutuhan protein harian tubuh Anda.

  1. Granola

Setiap granola bisa mengandung bahan yang berbeda-beda. Akan tetapi, granola biasanya terdiri dari oat, kacang-kacangan, dan buah-buahan kering yang dipanggang hingga terasa sangat renyah dan manis.

Kandungan utama dari granola adalah oat dan kacang-kacangan, yaitu sumber protein pengganti daging yang paling baik bagi vegetarian. Setiap 53 gram atau setengah cangkir granola mengandung 6 gram protein.

Selain itu, granola juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi ini sangat bermamfaat untuk melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, menurunkan gula darah dan kolesterol, serta membuat Anda kenyang lebih lama.