Berikut Perkembangan Kesehatan Bayi 2 Bulan

Kesehatan Bayi 2 Bulan termasuk salah satu usia bayi sedang dalam menggemaskan. Akan ada perubahan cukup banyak yang terjadi pad anak, jadi sebagai orang tua juga harus mengetahui perkembangan dari kesehatan tubuhnya.

Kesehatan Bayi

Selain itu akan ada banyak hal yang terjadi pada usia bayi tersebut. Perubahan ini terlihat dari usia 2 bulan dan seterusnya. Dengan perkembangan bayi ini juga mampu memberikan Anda gambaran sejauh mana perkembangan yang telah dicapai oleh si bayi.

Mengetahui Kesehatan Bayi 2 Bulan

Berat Badan Bayi

Hal pertama yang mudah dilihat dari perkembangan bayi merupakan berat badannya. Untuk berat badan normal sendiri mulai dari 2500 sampai 3500 gram. Apalagi jika bayi diberikan ASI eksklusif, maka berat badannya akan lebih terlihat.

Sedangkan bayi yang tidak diberikan ASI eksklusif akan mengalami peningkatan yang lebih lambat. Hal ini terjadi karena lambungnya belum optimal, terutama untuk memecah zat gizi makro pada susu formula. Tapi tetap saja berat badan dan kesehatannya dapat diukur dengan kisaran normal antara 4 – 4.7 kg.

Panjang Tubuh Bayi

Untuk panjang bayi juga termasuk salah satu cara untuk mengetahui tentang kesehatan bayi 2 bulan. Karena dengan panjang bayi ini termasuk indikator perkembangan yang akan mempengaruhi berat badannya juga.

Jika panjang badan lebih panjang, maka massa tulang juga akan semakin berat. Sedangkan untuk panjang badan normal bayi usia 2 bulan ini mulai dari 51.5 – 58 cm. Tapi ada juga beberapa bayi yang mengalami tinggi badan kurang atau justru lebih. Biasanya hal tersebut terjadi karena faktor genetik.

Pola Tidurnya

Saat bayi masuk usia 2 bulan, maka akan mengalami perkembangan pada tidurnya. Ia akan memiliki jam tidur yang lebih sedikit dibandingkan saat baru lahir. Jadi saat anak jarang tidur seperti awalnya, tidak perlu khawatir.

Untuk rata-rata bayi kesehatan bayi 2 bulan ini memiliki jam tidur mulai dari 14 jam sampai 16 jam sehari. Pola tidurnya juga masih belum stabil, terkadang mereka dapat tidur atau justru tidak ingin tidur meskipun sudah masuk jam tidurnya.

Lingkar Kepala

Perkembangan lingkar kepala bayi usia 2 bulan antara 4 cm sampai 5 cm. Tapi setelah usia 6 bulan, lingkar kepala bayi akan mencapai 44 cm. Usia ini bayi juga akan memiliki kendali pada tubuh mereka sendiri. Mulai dari dapat menahan kepala dengan tegak saat tengkurap dan saat digendong.

Pola Menyusu ASI

Pada bayi dengan usia 2 bulan, akan terlihat pola menyusunnya kepada ibu. Salah satunya saat bayi menangis, biasanya ia menyampaikan bahwa sedang lapar. Bayi usia ini juga akan minta menyusu selama 2 sampai 4 jam sekali.

Selain itu jika Anda memberikan ASI eksklusif, maka akan merasakan jika isapan bayi menjadi semakin kuat dan ASI juga lebih cepat habis. Sedangkan bayi yang mengkonsumsi susu formula akan mengalami peningkatan secara perlahan. Jadi kesehatannya tidak dapat terpantau dengan jelas.

Perkembangan Indera

Dalam usia ini, indera dari bayi akan terlihat dengan jelas. Jadi Anda dapat melihat perkembangan kesehatan bayi 2 bulan dengan baik. Terutama pada indera penglihatan, pendengaran sampai mengeces. Pada indera penglihatan, bayi sudah dapat melihat warna hitam dan putih serta berbagai bentuk. Anda dapat membantu merangsangnya dengan memperlihatkan berbagai variasi mainan.

Sedangkan pada pendengarannya, bayi sudah dapat membedakan suara yang akrab di telinga. Baik suara ibu, ayah, kakak dan dengan beberapa suara asing lainnya.