Cara Merawat Kesehatan Bayi 0-6 Bulan

Kesehatan Bayi 0-6 Bulan masih membutuhkan perhatian. Apalagi setelah menanti selama 9 bulan dan akhirnya si kecil lahir ke dunia. Maka bayi membutuhkan perhatian ekstra.

Merawat Bayi

Berikut Tips Merawat Kesehatan Bayi 0-6 Bulan

Selain itu lama kelamaan Anda juga dapat dibuat bingung, terutama dengan cara merawat bayi saat usia 0-6 bulan. Tapi jangan khawatir, saat ini ada cukup banyak panduan atau cara merawat bayi dalam usia tersebut. Karena jika sampai salah, maka akan berdampak pada fase tumbuh kembangnya nanti.

Berikan ASI Eksklusif

Jika Anda ingin bayi mengalami tumbuh kembang yang sehat dan tidak mudah sakit,. Maka sebaiknya berikan ASI sejak lahir, tapi jika ASI belum keluar jangan langsung menyerah.

Segera minta bantuan konselor laktasi di rumah sakit supaya mereka mengajari bagaimana merangsang payudara supaya ASI keluar. Kemudian lanjutkan pemberian ASI selama 6 bulan dan hindari memberikan air putih.

Belajar Menggendong Bayi

Perlu Anda ketahui, bahwa bayi sangat menikmati saat digendong oleh orang yang dikenal. Jadi sebagai ibu baru sebaiknya wajib mempelajari cara menggendongnya dengan benar.

Hal ini karena otot leher bayi dan sistem motoriknya masih lemah. Jadi Anda perlu berhati-hati saat mengangkat tubuhnya. Selain itu menggendong bayi juga akan bermanfaat sebagai bonding, tapi tetap saja jangan lakukan terlalu sering.

Karena hal tersebut akan menghambat perkembangan atau kesehatan bayi 0-6 bulan seperti kemampuan dari motorik anak. Hindari juga jangan sampai salah menggendong dan mengguncangnya.

Menjaga Kebersihan Tubuh dan Organ Genitalnya

Saat anak usia 0 bulan atau baru lahir, bayi belum perlu dimandikan. Anda cukup membersihkan tubuhnya saja dengan kain lembut dan air suam kuku. Bersihkan mata, hidung dan telinga bayi.

Sedangkan yang tidak kalah penting merupakan kebersihan organ genitalnya. Tapi perlu Anda tahu, cara membersihkan kelamin bayi perempuan dan laki-laki cukup berbeda. Pastikan juga Anda membersihkan sisa kotoran, terutama saat selesai buang air besar dan air kecil.

Kenali Jenis Tangisan Bayi

Kesehatan bayi 0-6 bulan ini biasanya sudah bisa mengekspresikan berbagai hal yang dirasakan melalui tangisan. Jadi sebagai orang tua harus mengetahui arti dari tangisan bayi Anda sendiri.

Tangisan saat bayi merasa takut, cemas, lapar, masuk angin dan kolik akan berbeda-beda. Oleh karena itu rajinlah membaca serta mencari tahu informasi tentang arti tangisan dari bayi.

Baca Juga : Berikut Perkembangan Kesehatan Bayi 2 Bulan

Berikan Pakaian yang Hangat dan Nyaman

Dalam usia 0-6 bulan, bayi masih membutuhkan pakaian yang hangat dan nyaman. Karena kulit bayi masih sangat sensitif dan sebaiknya Anda selektif dalam memberikan pakaian pada bayi.

Pastikan juga pakaian bayi terbuat dari bahan katun 100% atau bahan alami. Dengan begitu akan mudah menyerap keringat, mudah dicuci dan disetrika. Tapi jika ingin bepergian Anda dapat mengenakan bayi dengan sepatu, mantel, kaos kaki dan sepatu bayi supaya tidak masuk angin.

Mengganti Popok Bayi

Mengganti popok bayi memang bukan hal yang mudah. Tapi jika dilakukan setiap waktu atau saat bayi membutuhkan popok baru maka Anda akan mahir dengan sendirinya.

Karena dalam usia ini, Anda dapat mengganti popok sampai 10 kali setiap harinya. Hal tersebut juga tergantung dari asupan yang diterima bayi. Sedangkan umumnya bayi yang terpaksa mengkonsumsi susu formula, mereka lebih banyak frekuensi buang air kecilnya dibandingkan bayi yang minum ASI eksklusif. Oleh karena itu kesehatan bayi 0-6 bulan sangat perlu diperhatikan.