Inilah 5 Fakta Kesehatan Bayi Baru Lahir

Kesehatan Bayi Baru Lahir memang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Selain itu akan ada banyak pertanyaan tentang si bayi, terutama saat Anda menjadi ibu baru. Banyak hal juga yang nantinya akan dialami oleh bayi baru dan kemungkinan dapat membuat Anda khawatir.

Fakta Bayi

5 Fakta Menarik Tentang Kesehatan Bayi Baru Lahir

Apalagi untuk masalah kesehatan, karena bayi baru lahir belum dapat berbicara dan mengungkapkan apa yang telah dirasakan. Jadi Anda sebaiknya harus waspada tentang kesehatan bayi tersebut.

Baca Juga : Cara Merawat Kesehatan Bayi 0-6 Bulan

Pup Bayi Tidak Memiliki Bau

Saat bayi baru lahir atau sekitar 1 atau 2 hari, pup atau kotoran bayi akan berwarna hitam seperti aspal. Tapi Anda tidak perlu khawatir, karena hal ini disebut dengan mekonium atau perpaduan antara lapisan membran rahim, air ketuban dan semua sisa hasil yang dicerna oleh bayi selama di dalam rahim.

Selain itu dalam sistem pencernaan bayi belum terdapat bakteri, maka pup bayi belum memiliki bau. Bakteri pencernaan akan mulai berkembang dan pup akan berubah warna setelah 1 hari berikutnya bayi disusui. Warna kotoran atau pup bayi akan berwarna, kuning, hijau atau kecokelatan dan memiliki bau yang khas.

Terkadang Bayi Berhenti Bernapas

Perlu Anda ketahui, bayi yang baru lahir terkadang saat tidur akan berhenti berpanas 5 sampai 10 detik. Tentunya hal tersebut akan membuat Anda panik setengah mati karena was-was bayi berhenti bernapas.

Tapi bagi bayi baru lahir ini, berhenti bernapas sejenak merupakan hal normal. Tapi yang perlu diwaspadai jika ia berhenti bernapas sampai 10 detik dan wajahnya berubah menjadi biru.

Jika hal tersebut terjadi, maka segera bawa bayi ke rumah sakit. Anda juga perlu waspada terus menerus pada kesehatan bayi baru lahir. Karena bayi tersebut masih membutuhkan pengawasan. Siapkan juga tempat tidur dari segala macam benda yang dapat menghambat pernapasan mereka saat tidur.

Kulit Bayi Kering

Setelah 9 bulan berada di rahim ibu, bayi ini berada di lingkungan yang berisi cairan dan dapat melindunginya serta membuat tetap hangat. Jadi Anda tidak perlu heran jika kulit bayi baru lahir terasa kering. Hal ini terjadi normal untuk pertama kali terkena udara.

Selain itu terkadang kulit bayi juga akan mengelupas sedikit, jadi tidak perlu khawatir dan segera berikan lotion supaya tetap lembap atau menimbulkan alergi. Anda juga akan menemui ruam karena popok, karena kulit bayi masih sangat sensitif.

Ubun-ubun Terasa Lunak

Bayi yang baru lahir, memiliki kemungkinan kepalanya terasa lebih lunak pada bagian tengkorak atau ubun-ubun. Hal ini sangat wajar bagi bayi baru lahir, karena dapat membantunya bergerak melalui jalan lahir.

Anda juga tidak perlu takut jika memegangnya, karena pada bagian ubun-ubun tersebut aka ada pembuluh darah yang menutupi otak. Ubun-ubun akan mengeras seiring bertambahnya usia bayi.

Sering Bersin

Kesehatan bayi baru lahir memang beragam dan mereka akan memiliki hidung kecil, akan ada sedikit lendir yang selalu membuatnya bersin. Hal ini terjadi karena saat keluar dari rahim hidungnya penuh cairan. Jadi mungkin hidung tersebut akan mengalami sedikit mampet dan membuatnya bersin terus menerus.

Oleh karena itu Anda tidak perlu khawatir jika anak bersin dan dibarengi ingus yang keluar. Berbentuk kental dengan berwarna kuning dan hal tersebut menandakan bayi Anda terkena flu.

Sebagai orang tua Anda juga perlu menjaga kesehatan bayi baru lahir supaya tetap sehat dan cepat sembuh dari flu tersebut.