Ketahui Tips Perawatan Gigi Palsu Agar Tak Jadi Sarang Kuman

Punya gigi palsu? Pastikan untuk melakukan perawatan gigi palsu secara rutin agar tidak jadi sarang bakteri. Seperti yang diketahui penggunaan gigi palsu yang diimbangi dengan perawatan yang benar justru akan membuat gigi semakin berisiko terkena masalah kesehatan baik mulut maupun gigi. Oleh sebab itu penting bagi para pengguna mengetahui cara merawat gigi palsu dengan baik dan benar.

gigi palsu

5 Tips Perawatan Gigi Palsu Dengan Baik Dan Benar

Sama halnya dengan gigi asli,  gigi palsu pun juga harus dirawat agar bakteri tidak merusak gigi dan menimbulkan masalah kesehatan mulut. Beberapa masalah mulut yang sering dihadapi oleh seperti bau mulut, sariawan, kerusakan gigi hingga infeksi. Oleh karena itu sebaiknya segera lakukan perawatan gigi agar kondisinya tidak semakin parah. Berikut ini beberapa perawatan gigi yang wajib Anda ketahui.

Lepas Dan Bersihkan Gigi Setelah Makan

Tips pertama yang perlu Anda lakukan agar gigi palsu tetap sehat dan tidak menjadi sarang bakteri adalah dengan melepas dan membersihkan gigi setelah makan. Untuk membersihkannya pun tidak boleh dilakukan sembarangan. Anda perlu menggunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut dan juga pasta gigi yang dibuat khusus untuk membersihkan gigi palsu.

Mengapa harus menggunakan pasta gigi khusus? Karena biasanya kandungan yang terdapat pada pasta gigi tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi gigi palsu tersebut.

Rendam Gigi Setiap Malam/Ketika Tidak Dipakai

Perawatan gigi palsu selanjutnya adalah merendam gigi ketika tidak dipakai. Merendam gigi setiap malam atau saat tidak dipakai bertujuan untuk menjaga gigi agar tetap lembap. Kondisi gigi palsu yang kering dan kehilangan bentuknya justru akan merusakan gigi dan menjadi sarang dari bakteri. Sebaiknya rendam gigi palsu tersebut ke dalam air yang sudah dicampur dengan larutan pembersih khusus.

Anda bisa merendam nya hingga semalaman dan bersihkan lagi jika ingin dipakai. Perlu diketahui sebaiknya Anda menghindari untuk merendam gigi palsu dengan air panas karena hal tersebut justru akan membuat gigi palsu berubah bentuk dan juga berlubang. Jadi jangan sampai salah perawatan ya!

Baca Juga : 4 Tips Melakukan Perawatan Gigi Berlubang pada Anak

Hati-Hati Memegang Gigi Palsu

Tahukah Anda bahwa jatuh dan juga terbentur dengan benda lain dapat membuat gigi mudah patah dan pecah. Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda bisa melapisinya dengan menggunakan wadah khusus untuk mencucinya. Jika Anda ceroboh dalam melakukan pembersihan gigi justru akan membuat gigi semakin parah.

Hindari makanan Keras dan Minuman Panas

Meski terdengar sepele, ternyata kebiasaan yang satu ini seringkali dilakukan oleh mereka yang memiliki gigi palsu. Padahal jika ditelusuri lebih jauh, agar gigi tetap sehat dan bertahan lama seseorang harus mampu menghindari untuk makan atau minuman panas. Sebaiknya Anda perlu berkonsultasi pada dokter gigi terkait makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari.

Rutin Melakukan Pembersihan

Satu lagi hal yang sangat penting dalam perawatan gigi palsu adalah melakukan pembersihan secara rutin. Perlu diketahui bahwa merawat gigi palsu tidak hanya merawat kebersihannya saja. Anda harus juga memperhatikan kebersihan dari mulut dan gigi asli Anda. Sebaiknya Anda membersihkan secara rutin yakni 2 hari sehari atau setelah makan dan setiap kali gigi palsu dilepas.

Dengan menerapkan kebiasaan tersebut, hal tersebut dapat mengurangi risiko iritasi dan bau mulut. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir dengan masalah kesehatan mulut lainnya.

Nah itulah informasi singkat tentang tips perawatan gigi palsu yang baik dan benar. Bagi Anda yang memiliki gigi palsu, pastikan untuk mengikuti beberapa perawatan diatas, agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan mulut. Dengan begitu gigi Anda akan terlihat sehat dan segar.