Langkah-langkah Merawat Kesehatan Bayi Prematur

Kesehatan Bayi Prematur sendiri memang perlu pengawasan ekstra. Karena bayi yang baru lahir sebelum usia 37 minggu kehamilan ini masih membutuhkan perawatan khusus. Langkah-langkah yang diambil ini bertujuan supaya bayi dapat bertahan hidup dan memastikan kondisinya tetap terjaga.

kesehatan bayi prematur

Cara Merawat Kesehatan Bayi Prematur

Selain itu merawat bayi prematur juga membutuhkan prihatin lebih dengan usaha yang keras. Hal ini dilakukan karena organ penting seperti saluran pencernaan, paru-paru, kulit dan daya tahan tubuh belum berfungsi secara maksimal.

Menjadi Ibu Kanguru

Dalam hal ini yang digunakan merupakan metode kanguru, dengan posisi menggendong bayi dan memasukkannya ke dalam baju atau dengan kain gendongan. Metode tersebut digunakan supaya kulit Anda bersentuhan langsung dengan bayi.

Dengan kontak kulit secara langsung tersebut, maka si kecil akan mulai mengenal sentuhan, aroma tubuh, irama napas dan detak jantung Anda sebagai ibu. Selain itu metode kanguru juga bermanfaat untuk menjaga kehangatan tubuh bayi. Dapat menjaga keteraturan detak jantung serta pernapasan bayi. Membantu menenangkan dan membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Perhatikan Jadwal Makan Bayi

Saat pertama, kebanyakan bayi prematur harus disusui sampai 10 kali setiap hari. Hindari pemberian jeda, antara waktu menyusui sampai yang selanjutnya lebih dari 4 jam. Hal ini dilakukan untuk mencegah bayi kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi.

Sedangkan salah satu tanda bayi sudah menyusu secara cukup dengan pipisnya sampai 6 atau 8 kali dalam sehari. Jadi jangan panik jika bayi sering gumoh saat disusui dan hal ini sangat normal selama berat badan bayi tidak berkurang.

Baca Juga : Inilah 5 Fakta Kesehatan Bayi Baru Lahir

Jauhkan dari Orang Sakit

Jika Anda memiliki bayi yang lahir secara prematur, ada baiknya untuk menghindarkan orang-orang yang sedang sakit sebagai cara menjaga kesehatan bayi prematur. Apalagi penyakit menular seperti batuk atau flu.

Lindungi bayi dari kuman dan virus penyebab penyakit dengan membatasi interaksi bayi dengan orang di sekitar Anda. Baik teman, keluarga atau kerabat yang sedang menjenguk. Hindari juga membawa bayi ke tempat ramai atau umum seperti mall. Karena paparan polusinya perlu dihindari, seperti asap rokok yang dapat membahayakan.

Kebutuhan Tidur Bayi

Tidur sendiri termasuk kebutuhan dasar bagi bayi. Tidur yang baik juga akan meningkatkan kesehatan dari prematur tersebut. Biasanya ia akan menghabiskan waktu tidur lebih lama dibandingkan bayi yang lahir secara normal.

Anda dapat menempatkan bayi dalam posisi telentang saat tidur supaya dapat mengurangi risiko bayi mati mendadak. Jika Anda merasa otot leher bayi cukup kuat setelah beberapa bulan, tempat bayi pada perut Anda saat bangun. Hal ini dilakukan supaya dapat menjaga kesehatan bayi prematur, membantu bayi dalam menopang kepalanya sendiri secara alami.

Memantau Pertumbuhan dan Perkembangan

Setelah Anda melahirkan bayi prematur dan sudah boleh dibawa pulang. Usahakan tetap untuk mengontrol perkembangan dan pertumbuhan bayi. Selain itu Anda juga perlu membawa bayi ke dokter kembali setelah bayi beberapa hari pulang ke rumah.

Dengan begitu dokter dapat menilai pertumbuhan bayi, mulai dari berat badan dan perkembangan apa saja yang sudah dapat dilakukan bayi tersebut. Dokter juga kemungkinan dapat melihat perkembangan bayi dari pendengaran dan penglihatan.

Hal ini sangat penting karena bayi prematur memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan pendengaran dan penglihatan. Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika mengalami kesulitan saat merawat bayi tersebut. Mungkin juga akan diberikan beberapa zat besi dan vitamin yang masih dibutuhkan supaya dapat mendukung pertumbuhan bayi dan kesehatan bayi prematur.