Mengapa Alat Elektronik Membuat Kita Susah Tidur?

Jam tidur yang cukup, sekitar 7-8 jam sehari pada malam hari dapat membuat Anda segar di pagi hari dan tentunya membuat tubuh menjadi sehat. Tapi, tidak jarang orang-orang kurang tidurnya dikarenakan sibuk bekerja, mengerjakan tugas, menonton, atau membalas percakapan dengan laptop atau telepon genggamnya.

Tidur Terus

Yang lebih anehnya lagi, Anda tidak mengantuk padahal biasanya Anda sudah mengantuk pada jam-jam tersebut. Hal ini sering dialami semua orang, bahkan pada anak-anak juga. Pastinya, jam tidur yang kurang, tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda. Mengapa alat elektronik membuat kita susah tidur?

Mengapa alat elektronik membuat kita tidak mengantuk?

Ada beberapa alasan mengapa alat elektronik membuat kita susah tidur, salah satunya adalah akibat aktivitas fisik tubuh Anda. Hal ini dikarenakan tubuh merespon pada aktivitas yang Anda lakukan seperti bermain games atau mengerjakan pekerjaan sehingga menjadi lebih tegang. Respon tubuh ini dikenal dengan sistem “fight or flight”, yang akibatnya Anda mengeluarkan hormon kortisol (hormon stres). Hormon ini membuat kondisi tubuh Anda sangat tidak kondusif untuk tidur.

Adapun penjelasan lainnya, pada saat otak Anda bekerja, otomatis aktivitas tubuh Anda meningkat dan neuron di saraf Anda mulai berlomba-lomba untuk sampai ke otak Anda. Hal ini berbanding terbalik dengan apa yang terjadi di otak Anda saat sedang tidur. Berdasarkan penelitian oleh Mark Rosekind, PhD, mantan direktur dari Fatique Counter-Measures Program di NASA Ames Research Centre dan kepala peneliti di Alertness Solution, menjelaskan bahwa alat-alat elektonik dapat mempengaruhi stimulasi kognitif pada otak Anda sehingga jam tidur Anda terganggu.

Cahaya atau sinar dari alat elektronik dapat membuat kemampuan tubuh Anda untuk menutup mata menurun. Cahaya tersebut akan menembus masuk ke retina lalu menuju bagian otak yang mengatur aktivitas saat Anda tidur dan memperlambat produksi hormon melatonin. Hormon ini berfungsi untuk membuat Anda tidur.

Menggunakan alat elektronik membuat kita susah tidur dan dapat merubah jam tidur Anda. Dengan kata lain, jam tidur yang seharusnya jam 9 malam, karena terlalu asik bermain handphone hingga jam 12 malam, maka jam tidur Anda akan berubah menjadi jam 12 malam. Yang akibatnya Anda akan kurang tidur dan merasa lelah saat bangun di pagi hari.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara yang paling tepat adalah mematikan semua alat-alat elektronik saat malam, tepatnya saat waktunya Anda tidur. Berikut ini adalah tips-tips yang dapat Anda terapkan, antara lain:

  • Jangan letakkan TV di kamar tidur

Kamar adalah tempat untuk tidur atau beristirahat setelah penat seharian bekerja. Sebaiknya jangan letakkan TV di kamar tidur, karena dapat berdampak negative terhadap kualitas tidur. Untuk anak-anak, coba bacakan buku dongeng atau lainnya sebelum mereka tidur daripada menyediakan TV di kamarnya.

  • Buatlah tempat tidur Anda bebas dari alat-alat elektronik

Ubahlah suasana tempat tidur Anda agar bebas dari alat-alat elektronik. Jika Anda harus mengisi ulang baterai alat elektronik Anda di kamar tidur, usahakan tata letak alat elektronik tersebut jauh dari jangkauan Anda dan jika bisa jangan sampai terlihat oleh Anda.

  • Atur ulang jam tidur Anda

Putar kembali jam tidur Anda, cobalah secara perlahan. Mulai mengurangi 15-30 menit, contohnya jam tidur Anda sekarang jam 12 malam, saat jam 11.30 malam cobalah matikan semua alat elektonik Anda dan bersiap untuk tidur. Lakukan terus hingga jam tidur Anda kembali normal.

Baca Juga : Sarapan Nasi Sebelum Olahraga, Bolehkah?

Sudah tahukan alasan mengapa alat elektronik membuat kita susah tidur dan bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itu, cobalah mulai Anda terapkan agar Anda dapat memiliki kualitas tidur yang cukup dan segar saat bangun di pagi hari. Semoga ulasan “mengapa alat elektronik membuat kita susah tidur?” ini dapat membantu Anda.

RSS
Follow by Email