Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Remaja

Kesehatan reproduksi remaja adalah salah satu bentuk kondisi kesehatan yang mana erat kaitannya dengan masalah kesehatan organ intim atau disebut juga dengan organ reproduksi. Hal ini umumnya ditandai dengan terjadinya haid di usia remaja wanita, atau bagi remaja pria ditandai dengan mimpi basah.

Penting untuk diketahui, bahwa kesehatan reproduksi para remaja sangat berkaitan dengan fungsi, sistem reproduksi remaja itu sendiri hingga proses. Sehat yang dimaksud di sini bukan hanya sehat yang terbebas dari penyakit, namun sehat yang dimaksud berkaitan dengan kesehatan fisik, sosial maupun mental si remaja itu sendiri.

Kesehatan Reproduksi

Pengetahuan Dasar Mengenai Kesehatan Reproduksi Pada Remaja

Penting untuk diketahui, usia remaja merupakan salah satu masa transisi yang mana ditandai dengan adanya berbagai perubahan, baik itu perubahan emosi, fisik dan juga psikis dengan berbagai ciri khas yang bisa terbilang unik. Bagi remaja dianjurkan untuk memperoleh informasi yang tepat terkait kesehatan reproduksi serta beberapa faktor lainnya yang mana sangat berpengaruh pada kesehatan reproduksi itu sendiri.
Sebagai bentuk pengenalan secara dasar terkait kesehatan reproduksi dasar, maka para remaja dianjurkan untuk mengetahui beberapa hal di bawah ini:

* Bentuk pengenalan terhadap fungsi, proses dan juga sistem dari alat reproduksi itu sendiri
* Pengetahuan terkait penyakit HIV/AIDS serta beberapa penyakit seksual menular yang lainnya
* Remaja harus bisa menghindari dan mengetahui bentuk kekerasan seksual
* Remaja harus mengetahui adanya pengaruh dari media sosial terhadap aktivitas seksual]

5 Cara Tepat Menjaga Kesehatan Reproduksi

Sebenarnya menjaga kesehatan reproduksi baik wanita maupun pria adalah merupakan hal wajib yang harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Sistem reproduksi bisa dikatakan sehat jika memenuhi kategori yang menandakan kesehatan reproduksi, baik sehat secara fisik, sosial, dan juga psikis yang mana erat kaitannya dengan fungsi serta proses reproduksi baik bagi wanita maupun pria. Hal ini ditujukan agar mereka bisa bertanggung jawab serta mampu memelihara organ reproduksi via link alternatif sbobet tersebut.

Nah, apakah Anda tahu bagaimana cara merawat atau menjaga kesehatan reproduksi yang baik dan benar? Berikut sedikit ulasan terkait cara tepat menjaga kesehatan reproduksi, diantaranya adalah sebagai berikut:

* Anda harus mengganti pakaian dalam setidaknya 2 kali dalam satu hari.
* Gunakan pakaian dalam dengan bahan yang mudah menyerap keringat
* Gunakan handuk yang bersih, tidak lembap, kering dan tidak berbau
* Untuk remaja wanita, pastinya sesudah Anda buang air kecil Anda harus membersihkan bagian intim dengan cara mengusapnya menggunakan air yang diusap dari arah depan ke belakang. Hal ini bertujuan agar kuman yang ada pada bagian anus tidak ikut ke bagian organ reproduksi.
* Sedangkan untuk pria, sangat dianjurkan untuk disunat atau dalam kata lain di khitan sedari kecil. Hal ini bertujuan agar penis bisa terhindar kanker.

Terjadinya perubahan fisik, emosi dan psikis yang terjadi pada kaum remaja di masa pubertas pastinya mampu membuat remaja tersebut lebih ekspresif ketika mereka mengexplore bagian organ kelamin serta perilaku seksual mereka.

Sementara itu, persepsi dan juga pengetahuan yang salah terkait dunia seksualitas serta kesehatan reproduksi ini bisa membuat para remaja memiliki perilaku yang mana sangat beresiko terhadap kesehatan reproduksi mereka. Maka dari itu, orang tua sangat memiliki peranan yang sangat penting guna mendampingi anak-anaknya ketika mencari dan menemukan sejumlah informasi terkait kesehatan reproduksi yang baik dan benar.

RSS
Follow by Email