Sarapan Nasi Sebelum Olahraga, Bolehkah?

Tubuh tentunya butuh asupan energi di pagi hari untuk memulai aktivitas sehari-hari. Seperti berolahraga sebelum bekerja dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Asupan energi biasanya diperoleh dari nasi, apakah boleh sarapan nasi sebelum olahraga? Ayo kita simak ulasan berikut ini.

Sarapan Pagi

Bolehkah sarapan nasi sebelum olahraga?

Jawabannya, tentu saja boleh sarapan nasi sebelum olahraga. Nasi adalah salah satu sumber karbohidrat yang disarankan untuk dikonsumsi sebelum olahraga idn poker. Ternyata, nasi memiliki kandungan karbohidrat lebih banyak dibandingkan dengan kentang dalam porsi yang sama. Hal ini menurut informasi dari USA Rice Information.

Sarapan nasi sebelum berolahraga dapat membantu menjaga kadar gula darah selama berolahraga, memaksimalkan kinerja, dan mempercepat pemulihan pascalatihan. Menurut American College of Sports Medicine menyatakan bahwa mengonsumsi makanan dan cairan yang cukup sebelum, selama, dan setelah berolahraga sangatlah dianjurkan.

Selain nasi, Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat lainnya. Sebelum berolahraga, disarankan Anda untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, dan lemak. Karena ketiga zat gizi tersebut merupakan zat gizi utama yang menghasilkan energi untuk tubuh Anda.

Baiknya sarapan nasi merah atau nasi putih sebelum berolahraga?

Sudah tahukan, Anda boleh sarapan nasi sebelum berolahraga. Tapi mana yang lebih baik, sarapan nasi merah atau nasi putih? Pada dasarnya nasi merah adalah sumber karbohidrat kompleks yang bisa menjadi sumber energi dalam jangka panjang. Dan nasi merah juga lebih disarankan dikonsumsi sebelum olahraga dibandingkan dengan nasi putih.

Baca Juga : Tips Minuman Sehat yang Cocok Untuk Memulai Hari

Nasi putih mengandung zat karbohidrat sederhana yang daya diserapnya lebih cepat dibandingkan dengan nasi merah. Jika daya diserap oleh tubuh lebih lambat, maka cadangan energi yang diperoleh lebih banyak. Sehingga Anda tidak mudah lemas ketika berolahraga.

Nasi merah memiliki indeks glikemik yang rendah dan kadar serat yang cukup tinggi dibandingkan dengan nasi putih. Jika Anda sarapan nasi sebelum olahraga, maka anda akan cepat merasa lemas. Hal ini dikarenakan nasi putih termasuk zat karbohidrat sederhana yang cepat diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, sarapan nasi sebelum olahraga tentu boleh, tapi lebih disarankan mengonsumsi nasi merah dibandingkan dengan nasi putih.

Jangan makan nasi putih jika Anda jarang olahraga

Makan nasi putih tentu saja boleh, karena nasi putih dianggap sebagai sumber karbohidrat yang mudah dicerna dan terbukti memenuhi rekomendasi nutrisi untuk berolahraga. Nasi putih juga baik dikonsumsi untuk Anda yang melakukan olahraga berat, seperti olahraga angkat beban. Nilai indeks glikemik yang tinggi mampu menyerap gula dengan cepat, sehingga produksi bahan bakar lebih cepat dan baik untuk olahraga berat.

Tapi, untuk Anda yang olahraganya kurang dari 4 kali per minggu atau memiliki penyakit metabolisme, sebaiknya jangan makan nasi putih terlalu sering. Sebaiknya mulai konsumsi nasi merah, selain merupakan makanan sehat, nutrisi pada nasi merah dapat membuat tubuh tetap bugar selama dan setelah berolahraga.

Kapan waktu makan yang tepat?

Waktu yang tepat untuk makan adalah 2-3 jam sebelum berolahraga. Dengan tujuan agar tubuh memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan yang akhirnya menjadi sumber energi. Dan juga dapat menghindarkan Anda mengalami sakit perut dan mual setelah berolahraga.

Jika Anda tidak sarapan nasi sebelum olahraga, melainkan sarapan makanan lain, makanlah 30-60 menit sebelum mulai berolahraga. Dan jika Anda termasuk orang yang sibuk, maka Anda dapat mengonsumsi buah pisang atau apel 5-10 menit sebelum berolahraga. Sudah tahukan, sarapan nasi sebelum olahraga dibolehkan.

RSS
Follow by Email